Rabu, 26 September 2012

Kerapu Tikus Siap Diekspor ke Hongkong



Kerapu Tikus Siap Diekspor ke Hongkong
Kerapu.

REPUBLIKA.CO.ID, MINAHASA, SULUT - Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Minahasa Utara Ronny Siwi mengatakan, daerahnya pada bulan Oktober 20120 direncanakan siap mengekspor ikan jenis kerapu macan dan tikus ke luar negeri tepatnya Hong Kong.
"Ada sekitar 10 ton kerapu macan juga tikus akan di ekspor ke Hong Kong pada bulan depan," katanya di Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Ahad (24/9). 
Ia mengatakan, Minahasa Utara, khususnya di bidang Perikanan dan Kelautan, akan lebih fokus pada produk-produk sifatnya berorientasi ekspor. "Seperti halnya tangkapan-tangkapan ikan karang yang memiliki nilai ekonomi penting, penjualannya akan lebih kepada mancanegara, karena pengelolaan serta daya beli negara luar sangat tinggi, sehingga hasil atau pendapatan daerah kita akan meningkat juga," katanya.
Dengan niat untuk orientasi ekspor tersebut, setidaknya akan memberikan kontribusi positif bagi nelayan Minahasa Utara. "Secara otomatis kesejahteraan rakyat akan meningkat dan bisa dinikmati sendiri terhadap hasil tangkapannya," kata Siwi.
Dia mengatakan perbandingan tahun 2011 untuk budidaya perikanan khususnya jenis ikan kerapu, untuk 2012 ini mengalami peningkatan hingga 60 persen.
Namun demikian, pihaknya akan melengkapi proses perizinan untuk kapal dari Hongkong berlabuh di Minahasa Utara langsung pada keramba-keramba yang ada.
"Karena ini merupakan ekspor perdana, paling tidak kita harus memberikan kesan baik bagi pembeli dari Hongkong, bila transaksi di daerah kita dalam pengurusan izinnya mudah," katanya.


Redaktur: Yudha Manggala P Putra
Sumber: Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar