Rabu, 26 September 2012

KELAUTAN DAN PERIKANAN
KKP Cetak SDM lewat STP


Selasa, 25 September 2012
JAKARTA (Suara Karya): Mencetak sumber daya manusia (SDM) yang andal, terlatih, dan tangguh di sektor kelautan dan perikanan merupakan upaya yang akan terus dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Untuk itu, sekolah tinggi perikanan (STP) di lingkungan KKP terus meningkatkan kualitas anak didik melalui penambahan materi perkuliahan dan praktik kerja lapangan, tentunya didukung dengan peralatan yang memadai.
Kepala Badan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDMKP) KKP Sjarief Widjaja mengatakan, sudah saatnya masyarakat Indonesia mengelola kekayaan laut yang melimpah untuk peningkatan kesejahteraan. Dengan demikian, dibutuhkan penggalian ilmu untuk menciptakan teknologi, sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan masrakat luas dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.
Menurut dia, contoh kecil yang bisa dilihat, banyak perusahaan kosmetik di Indonesia yang mengambil bahan baku/bahan setengah jadi dari luar negeri (impor). Padahal Indonesia merupakan produsen rumput laut terbesar di dunia. Lalu mengapa perusahaan tersebut harus melakukan impor bahan baku rumput laut yang memang itu tersedia di dalam negeri? Kondisi ini harus segera diubah, dengan cara menyiapkan teknologi dan SDM yang dibutuhkan, sehingga perusahaan kosmetik mau mengambil bahan baku dari dalam negeri. "STP sudah menyiapkan teknologinya dan kemudian menurunkannya kepada para mahasiswa. Apa saja yang bisa diolah dari rumput laut? Dan, di mana pasar untuk menjualnya ketika bahan baku tersebut sudah diolah menjadi barang jadi atau setengah jadi? Kampus ini mengajarkan semuanya," kata Sjarief di sela peresmian STP Karawang oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo dan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, belum lama ini.
Dia menjelaskan, keseriusan KKP dalam membangun SDM perikanan dan kelautan bisa dilihat dari dibangunnya dua STP di Karawang (Jawa Barat) dan Wakatobi (Sulawesi Tenggara). "Kami akan jadikan mahasiswa di STP menjadi ahli dalam mengelola sumber daya kelautan untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.
STP Karawang sendiri akan ditingkatkan statusnya menjadi Institut Kelautan dan Perikanan Nasional (IKPN). Peningkatan status ini merupakan langkah strategis KKP guna mencetak SDM yang kompeten dan memenuhi standar sertifikasi dunia industri serta untuk menopang keberhasilan industrialisasi kelautan dan perikanan. Karena itu, kampus ini akan mengadopsi sistem vokasi bertaraf internasional pada jenjang diploma, magister sains terapan, dan doktor sains terapan. (Bayu)

sumber:http://www.suarakarya-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar